[Technopreneurship] Wira Usaha Berbasis Teknologi

Pengaturan Suhu untuk Budidaya Ikan pada Kolam Terpal

Dalam melakukan budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal selain kualitas air kita juga harus menjaga temperature suhu air, biasa yang sering terjadi suhu air tidak stabil, jika siang hari suhu akan panas sekali sedangkan ketika malam suhu air akan dingin sekali. Untuk budidaya ikan lele temperature air paling ideal bekisar antara 28-30 C.
sekam untuk alas kolam terpal
Dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin ini bisa menjadi salah satu faktor ikan akan mati. Pada budidaya ikan koi suhu yang terlalu dingin akan mengakibatkan napsu makan ikan akan menurun bahkan tidak doyan makan, dan kekebalan tubuh ikan akan turun sehingga mudah terserang penyakit atau bakteri dan membuat ikan mati. Ciri-ciri temperature suhu yang terlalu dingin antra lain ikan akan bergerombol pada salah satu sisi kolam.
Untuk mencegah suhu terlalu dingin dimalam hari pada kolam terpal bisa memberi alas sekam padi setinggi 10-12 cm sebelum pemasangan terpal. Sekam padi ini berfungsi sebagai isolator dan juga sebagai alas agar tanah rata dan supaya terpal tidak mudah berlubang.
Sedangkan untuk masalah suhu yang terlalu panas karena sinar matahari ini yang perlu diperhatikan adalah kedalaman kolam. Untuk kolam budidaya lele, tinggi/ kedalaman kolam paling ideal adalah 100-120 cm. Selain kedalaman kolam perlu juga ditambah eceng gundog untuk tempat berteduh ikan.